Jumat, 14 Oktober 2011

Wah, Astronom Temukan Planet 'Siluman'
Headline
Teknologi - Senin, 19 September 2011 | 10:01 WIB

gita fm, Cambridge – Peneliti Amerika Serikat (AS) berhasil menemukan planet jauh yang orbitnya bergantian berjalan awal dan lambat. Planet ini menjadi bukti dunia ‘siluman’. Seperti apa?
Para astronom mengaku, temuan ini menjadi pertama kalinya sebuah planet tak terlihat terdeteksi menggunakan cara tak terduga yang tak ada teknik lain mampu menemukan dunia tersembunyi ini.
“Planet tak terlihat ini mengenalkan dirinya melalui pengaruhnya pada planet lain yang bisa kita lihat,” ujar astronom Sarah Ballard dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.
Temuan ini seperti saat ada seseorang memainkan lelucon pada Anda dengan membunyikan bel pintu Anda kemudian melarikan diri, paparnya. '
“Anda tahu ada orang di sana, bahkan pada saat Anda tak melihat siapa pun ketika keluar,” ujarnya.
Kedua planet terlihat dan tak terlihat ini mengorbit sebuah bintang seperti matahari yang terletak 650 tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang Lyra.
Astronom menggunakan teleskop ruang angkasa Kepler NASA guna mengamati dan mencatat variasi pada waktu orbital planet terlihat yang mengungkap keberadaan tetangga yang tak terlihat itu.
“Metode ini memberi harapan besar menemukan planet yang tak bisa ditemukan,” tutup astronom David Charbonneau dari Harvard seperti dikutip UPI.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

Start Work With Me

Contact Us
GITA RADIO
+6285-7264-23371
Kroya, Cilacap
Diberdayakan oleh Blogger.